Selamat Datang di blog Williya Meta "Bidadari Bulan Hijau"
.

7 Gaya Hidup Untuk Meningkatkan Daya Ingat

Rabu, 04 April 2012 Label:


Cara Meningkatkan Daya Ingat
Ternyata Orang-orang berdaya ingat kuat memiliki beberapa kebiasaan yang tidak akan mereka lewatkan tiap harinya. Mereka terus berlatih agar memiliki daya ingat yg bagus. Ternyata latihan yg mereka lakukan ini bukan hanya dalam bentuk terus menerus belajar, tetapi dengan merubah gaya hidup yang dapat dilakukan oleh semua orang termasuk saya dan kamu.
Melindungi dan meningkatkan kemampuan otak sangatlah mudah. Cukupmelatih beberapa kebiasaan kecil dan ubah pola hidup kamu maka Otak akan terus tetap hidup bahkan meningkat kemampuannya sendiri.
Sebuah survei online dilakukan oleh para peneliti Australia terhadap 29.500 orang responden yang telah diseleksi dan termasuk kategori orang-orang yang memiliki daya ingat kuat. Dikutip dari Prevention,  ternyata mereka memiliki kesamaan yaitu 7 kebiasaan sederhana yang mereka lakukan agar daya ingat mereka kuat. Apa saja kebiasaan-kebiasaan tersebut?
1. Tidak mengonsumsi alkohol
Mereka dengan memori yang kuat ternyata jarang mengonsumsi minuman2 beralkohol, karena ternyata alkohol dapat merusak sistem saraf dan melemahkan kemampuan otak.
2. Menonton televisi tidak lebih dari satu jam setiap harinya.
Orang-orang berdaya ingat kuat jarang melihat tontonan2 yang tidak terlalu penting, kecuali tontonan yang sifatnya mengedukasi. Mereka lebih sering membaca ketimbang menonton.
3. Sering membaca novel.
Dengan membaca novel, otak akan dilatih berpikir dan menebak-nebak apa yang akan terjadi. Alur cerita novel yang berliku-liku akan membuat otak terus berpikir  tapi dalam bentuk petualangan otak yang lebih menarik dan seru.
4. Selalu menyilang-nyilangkan dan menyambung-nyambungkan data.
Kemampuan otak akan terus meningkat ketika data yang masuk ke dalamnya terhubung satu sama lain. Dengan menghubung2kan seperti itu, sebuah data akan tersimpan dan    tertanam dalam otak lebih kuat lagi.
5. Tidak pernah lupa mengonsumsi ikan.
Ikan diketahui merupakan sumber protein yang berfungsi meregenerasi sel-sel mati. Sel-sel otak pun harus terus diregenerasi. Beberapa jenis ikan seperti salmon dan    sarden mengandung omega 3 yang sangat baik untuk perkembangan sel-sel otak dan kemampuan mengingat seseorang.
6. Meminum teh atau kopi.
Teh dan kopi mengandung kafein yang bisa memacu kerja jantung dan otak untuk terus terjaga dan bekerja lebih baik lagi. Namun konsumsi yang berlebihan, terutama    kopi bisa berakibat fatal. Minumlah dalam dosis yang sewajarnya.
7. Selalu membuat catatan dalam bentuk jurnal atau notes kecil.
Data yang masuk ke otak kita tanpa tercatat mungkin saja menempel dan mungkin juga tidak. Namun jika data tersebut dicatat, maka kita dapat melihatnya kembali.
Nah ke tujuh kebiasaan diatas hendaknya kamu lakukan agar memiliki daya ingat dan kuat. Selain melakukan 7 kebiasaan diatas, lakukanlah rutinitas yang sehat pula seperti Olahraga, Bekerja Keras dan selalu beribadah agar tubuh dan otak dapat singkron. Mulailah dari sekarang dan jangan tunda lagi bila ingin memiliki daya ingat yang kuat.

sumber rahasiadiva.com

0 komentar:

 
Williya Meta © 2010 | Blog Dirancang Oleh www.pandani.co.cc | web Design 07 Juni 2011