Selamat Datang di blog Williya Meta "Bidadari Bulan Hijau"
.

Atasi Stres Saat Bekerja Hanya Dalam Lima Menit

Rabu, 04 April 2012 Label:




usir stress
Cara Mengatasi Stres Dalam 5 Menit – Kadang kala pada beberapa waktu lingkungan kerja bisa menjadi tidak bersahabat. Mungkin karena kerjaan yang menumpuk, bos marah-marah, atau karena memiliki rekan kerja yang tidak bisa bekerja sama dengan kita. Nah, hal-hal demikian pasti membuat kita sangat stres dan kehilangan mood dalam bekerja yg akhirnya menurunkan produktifitas kita bekerja. Sebagai karyawati yang baik, tentu kita tidak mau dong seperti itu.


Sebenarnya, pada saat seperti ini menimpamu, kamu bisa mencoba meredam serangan stres dengan beberapa trik-trik khusus lho. Berikut ini adalah beberapa trik dari Kathleen Hall, PhD, pendiri sekaligus CEO of The Stress Institute, Amerika Serikat. Beliau memiliki trick jitu dengan Hanya dalam lima menit, untuk usir stres tanpa rumit! Berikut tipsnya…
Bersenandung
Lupakan soal pekerjaan sejenak. Dengarkan musik-musik favorit kamu. Lebih baik lagi jika kamu ikut bersenandung atau bernyanyi. Cara ini akan membantu pikiran kamu menjadi lebih fresh. Selagi kamu mendengarkan musik, buka juga album foto digital yang ada di layar komputer atau ponsel kamu. Pasti wajah ceria kamu bersama orang-orang terdekat yang ada di foto itu bisa jadi sumber semangat lagi buatmu!
Buka koneksi ke dunia luar
Karena terlalu sibuk dan padatnya jadwal kerja, kamu mungkin sampai tidak sempat untuk mengobrol dengan teman-teman. Coba luangkan waktu sekitar lima menit untuk mengirimkal email/sms, menanyakan bagaimana kabar mereka, dan bercerita mengenai kabar kamu sekarang. Paling tidak, sebagian beban yang sedang kamu rasakan bisa terlepaskan dengan melakukan hal ini.
Lepaskan rasa penat kamu
Gunakan dumbel/barbel kira-kira seberat 2 kg yang biasanya kamu letakkan di bagian bawah meja kerja. Lakukan gerakan angkat beban sebanyak 10 kali pada masing-masing tangan. Jika kamu tidak mempunyai dumbel, kamu bisa juga melakukan gerakan-gerakan stretching.
Keluarkan uneg-uneg
Kamu mungkin bisa mengungkapkan perasaan kesal kamu melalui tulisan. Dengan melakukan hal ini, energi negatif dalam diri kamu akan dikeluarkan. Caranya juga sesuai dengan apa yang kamu mau. Bisa melalui tulisan tangan, tulisan ketik, maupun gambar.
Pejamkan mata
Sejak bertahun-tahun yang lalu, orang Spanyol sangat meyakini bahwa dengan tidur sejenak, mereka bisa mengusir stres. Nah, waktunya bagi kamu untuk mencoba hal tersebut. William Anthony, PhD, psikolog dan peneliti dari Boston University, dan pengarang buku The Art of Napping at Work mengatakan bahwa dengan tidur sejenak sekitar 5-10 menit di siang hari, terutama ketika pikiran sedang jenuh, dapat meningkatkan fokus dankonsentrasi kerja. Bahkan walaupun dalam pekerjaan kamu tidak dianjurkan untuk tidur sejenak di siang hari, cobalah luangkan waktu sebentar saja. Jika perlu, tutup pintu ruangan, kenakan penutup mata, kemudian rebahkan kepala di meja kerja selama 5-10 menit.
Tertawa dong!
Coba ingat-ingat kembali kapan kamu terakhir kali tertawa terbahak-bahak hingga mengeluarkan air mata mungkin saat bersama keluarga atau ketika bersama teman-teman. Hentikan sejenak kegiatan kamu di tempat kerja, dan coba kenang kembali kejadian-kejadian tersebut. Jika tidak ada moment keceriaan seperti itu dalam beberapa tahun terakhir ini, mungkin kamu bisa mencari situs komedi atau lawakan melalui internet. Bukan tidak mungkin dengan membacanya akan membuat kamu tertawa.
Main game yuk…
Gunakan waktu istirahat kamu untuk bermain game di komputer. Misalnya bermain solitaire atau sudoku. Bermain game bisa mengalihkan pikiran kamu dari stres kerja.
Menyeruput teh hangat
Ubahlah acara minum kopi yang biasa kamu lakukan dengan secangkir teh hangat. Kandungan kafein pada teh tidak terlalu banyak sehingga bisa membuat kamu semangat kembali tanpa menimbulkan reaksi jantung berdebar-debar.

sumber: rahasiadiva.com

0 komentar:

 
Williya Meta © 2010 | Blog Dirancang Oleh www.pandani.co.cc | web Design 07 Juni 2011